Upgrade Server Ubuntu (Feisty -> Gutsy -> Hardy)

Berhubung masa support rilis Feisty (18 bulan) sebentar lagi mau habis, jadi yah terpaksa deh mau gak mau *walaupun malas* si Feisty yang tidur dibalik layar Ubuntu-ID.org harus di-upgrade ke rilis terbaru (Ubuntu 8.04 LTS). Untuk bisa berubah menjadi Hardy katanya sih si Feisty perlu melewati beberapa tahapan, pertama kita harus upgrade dulu ke Gutsy dan setelah itu baru upgrade ke Hardy. Lebih kurang begitu kalau kata dokumentasi Ubuntu. Tapi sepertinya bisa juga deh upgrade langsung ke Hardy, ada yang mau nyoba? :-)

Server Ubuntu Indonesia @ idVPS

Cara untuk melakukan upgrade mudah saja, cukup ketik 2 perintah berikut:

sudo aptitude install update-manager-core
sudo do-release-upgrade

Selanjutnya yah tunggu saja – bisa sembari ngopi atau mungkin main monopoli dulu – tergantung seberapa cepat koneksi internet untuk mengambil paket-paket dan juga seberapa banyak masalah yang muncul setelah upgrade. :P

Catatan:

Ada masalah saat upgrade ke Gutsy, ketika dpkg sedang meng-configure paket baru tau-tau langsung keluar pesan error (bla.. bla.. bla..) yang berakhir seperti ini:

dpkg: too many errors, stopping
dpkg: ../../src/packages.c:252: process_queue: Assertion `!queuelen' failed.
Aborted

Wah kenapa nih? Lalu dicoba jalankan perintah sudo aptitude update ternyata gak bisa juga. Keluar pesan error lagi euy:

E: dpkg was interrupted, you must manually run 'dpkg --configure -a' to
correct the problem.
E: Couldn't rebuild package cache

Kalau sudah begini yah berarti saatnya membaca primbon (log) untuk mencari sumber permasalahan. Karena errornya berhubungan dengan dpkg maka dicoba melihat lognya dpkg, salah satunya bisa dilihat dari sini:

sudo dpkg -P `dpkg -l lib*|awk '{print $2}'`

Masalahnya ternyata klasik, seputar broken dependency. Jadi ada paket yang harus di-uninstall tapi ternyata tidak bisa karena masih dibutuhkan oleh paket lain. Nah si paket yang membutuhkannya ini adalah paket yang dulu saya install secara manual, ambil paketnya bukan berasal dari repositori resmi Ubuntu (soalnya emang gak ada). Mungkin karena hal ini si Ubuntu gak bisa melakukan uninstall dengan baik. *ntah kenapa*

Dan setelah paket biang kerok tadi di-unistall maka proses upgrade pun berjalan normal kembali. Selanjutnya ketika upgrade dari Gutsy ke Hardy tidak lagi ditemukan permasalah seperti di atas tadi.

Jadi untuk yang ingin upgrade Ubuntu mungkin, biar lebih aman apabila di sistem Anda ada paket-paket tambahan yang berasal bukan dari repositori Ubuntu sebaiknya paket-paket tersebut di-remove sementara sebelum melakukan upgrade.

Dan seperti pesan Bapak saya, jangan lupa gunakan selalu pengaman (backup data sebelum menyesal).

Sekian catatannya dan sampai jumpa dalam acara upgrade berikutnya (2 tahun lagi mungkin kalau masih hidup) hehehehe.

  1. yes pertamax

  2. jadi kapan mau upgrade ke blankon..?

    *kaboor*

  3. Ntar kali yah klo BlankOn udah ngeluarin edisi serper :P

  4. asik…makan2 juga :P

  5. Thanks infonya, barusan ada server yg ternyata masih Gutsy. Karena sudah lupa cara upgrade ke hardy, lalu search di Google. Halaman ini muncul nomor 3 :)

Stop Me If You Think You've Heard This One Before